Tips – Cara Mudah Merekam Lagu Sendiri Via Laptop/Komputer (Studio Track Recording)

oleh Ucup budug

Kamu atau Band kamu punya lagu ciptaan sendiri? Ingin di Track ke studio recording tapi biayanya mahal? .. Santai sobat, sekarang tak perlu khawatir, kamu bisa track Lagu kamu sendiri di rumah, yang penting satu “Kemauan”. Hasilnya akan mirip musik band terkenal :)

Apa saja nih persiapannya?

1. Komputer/Laptop, Harus ada kalau tak ada pinjam ke tetangga jangan maling ya, di usahakan Komputernya di atas pentium 4 kalau Dual core, wah Good Good :)
2. Gitar Listrik plus efeknya, untuk efek dan Gitar sesuaikan dengan Genre musik yang akan di buat ya, jangan sampai Aliran Keroncong pakai efek MetalZone, Hehe Nanti yang ada Mencong “Metal Kroncong” deh jadinya. Gak punya juga Gitar/Efeknya? Waduh pinjem dulu deh sana ke temen.
3. Microphone, Untuk pengisian vocal suara.

Sudah siap alatnya? Trus mau ngapain? Haha, bingung ya. Mari Lanjutkan sobat..

Download dulu dong Aplikasinya Biar jelas kita mau ngapain..hehe

- Aplikasi Multi track Recording

Sebenarnya ada banyak sih aplikasi sejenis, tapi saya rekomendasikan yang ring.n dan simple saja ya. Aplikasi Audacity Portable Fungsinya sebagai alat perekam dalam Multi track, jadi kamu bisa merekam musik dalam track terpisah, Misalkan Track 1 adalah Gitar, Track 2 adalah Bass, Track 3 Drum, dst. Usahakan untuk Vocal pada track terakhir. Audacity ini tidak hanya bisa merekam saja, tapi kamu juga bisa edit, Menambah efek, tempo,dll. Pokoknya nanti juga paham jika sudah kamu instal dan buka sob, Download aplikasinya. [DI SINI]

image

- Aplikasi Drum Midi

Jika kamu membuat Lagunya Acoustik pastinya aplikasi ini tidak perlu, tapi jika ingin Lagu kamu hasil suaranya mirip dengan band-band terkenal aplikasi ini sangat di perlukan. Ada dua Aplikasi pembuat drum yang sering saya gunakan, untuk Drum biasa mungkin saya cukup pakai Aplikasi GUITARPRO, tapi untuk Drum dengan hasil yang luar biasa saya gunakan FRUITY LOOP 10 karena sangat lengkap hanya sedikit pusing menggunakannya dengan banyaknya fitur, Oya Fruity Loop Cukup terkenal di Studio recording loh.. Mau coba? Silahkan Download gratis Fruity Loops 10 [ DI SINI ] sekalian juga download Cracknya biar jadi full version fruity loopsnya sob [DI SINI]

image

Dua aplikasi saja saya kira cukup sobat, Asal kamu rajin kotak katik saja dan jangan lupa Jack Micropone, Guitar dan Efeknya di colok ya. Oke ada pertanyaan coret di bawah oke.

Selamat berkreasi :)

42 Komentar to “Tips – Cara Mudah Merekam Lagu Sendiri Via Laptop/Komputer (Studio Track Recording)”

  1. gini mas, band saya sudah sering rekaman, langsung di studio dan 5 alat musik + vokal main bersamaan.
    kita rekam suara dari amplinya, tapi hasilnya nggak pernah bagus..
    Gimana y mas biar cara yang kami lakukan bisa maksimal?

    Oh ya, rekamnya kita pakai sound recorder asli windows, apa itu juga mempengaruhi kualitas rekaman?
    mohon bimbingannya, terimakasih..

    • Waduh itu kan Live Recording ya? Ya hasilnya pasti kurang maksimal, krna sound yg masuk ke Recorder ga stabil. Lain hal kalo dipisah alias maen satu2 stiap personil baru disatuin. Atau bisa juga dgn atur dulu volume masuknya, jgn ampe ke tanda merah. Kecilin aja, biar entar bisa di edit

    • Oya sepengalaman saya yg bagus bwt live recording gitu pakai AVS AUDIO RECORDER, pilih ke stelan 192 bitnya biar hasilnya nyata.. Coba aja, bs didownload gratis lewat Google

  2. makasih banyak infonya gan..
    keren bngt kayaknya,,,

  3. oh,, makasih mas, maslahnya kalo teman2 saya di ajak rekaman satu2 pada belum siap katanya…
    thanks..

  4. mas salam kenal>> sy punya lumanyan banyak lagu, tp itu jg belum finishing, cuma ada vokal dan gitar ritem akustiknya aja,, jadi ceritanya sy mw apresiasi lagu2 tsb,utk koleksi pribadi aja,yah sukur2 jd hits hahaha, tp sy benar2 kurang paham tentang teknik rekaman.. mhn dibantu.. oh ya,sy ingin diskusi lbh lanjut ttg apa dan bgamana langkah2nya!! ini facebook sy “viitra erwin” atau email sy, gniraksanku@yahoo.co.id mhn ditanggapi… terima kasih n salam kenal…. oh ya sy dirumah adanya laptop,gitar yamaha akustik,gitar ibanez n ampli..

    • Hahaa sip sip salam kenal juga, ok saya meluncur ke fb aja ya

      • thx bradaa… udamluncurkfb y?? kok blm ada notif hehe>> mhn di add lg… triimmsss

      • Assalam..(utk muslim)..salam kenal utk km mngkin non muslim..:)
        Saya mempunya msalah yg sama spt mas viitra erwin..ingin tau cara buat demo/rekaman musik sederhana dg alat musik+fasilitas komputer (laptop core 2 duo+amplifier gitar+gitar fender akustik EQ)..apakh alat bantu (mic jenis apa utk vocal dan kabel jack jenis apa utk ke laptop dll) hngga hasil nya bisa maksimal/minimal “layak denger” lah gan..hehe..
        mohon kalo berkenan agan bisa kasih tips nya via email saya mrjoe.bjv@gmail.com
        ats bantuan nya saya ucap kan bnyak trims utk agan,,smoga tmbah ganteng n sukses sll..amiiinn.. :)

  5. boleh mnta nmor ams g?
    saya dah lama buat band,,cuma band saya ancur krna satu persatu ikut sama band lain yg mnurut dia sukses
    saya ckup skit sih,,tp saya ga nyerah
    saya dah buat lagu sndiri 12 lagu
    cuma saya bngung,,pgen rekaman tp saya g tau msti gmn..bsa tlong bntuannya mas? mnta nmor ams ya
    klo gak hubungi saya disni mas,,,mhon bantuannya
    089611562347

  6. Mas,saya asep gini mas,saya pnya lagu sndri,saya pengen,tau lewih luas tntng studio rekaman yang mas posting,kurng paham,,kalou boleh saya menta no mas atau hbngi saya 085871215870

  7. KALAU KITA CUMA PUNYA GITAR AKUSTIK JA GAN GMANA TU..SUPAYA BISA ADA DRUM,MELODI NYA…

    • Tetep sama aja sob…bikin ritem huide lanjut melodi dan seterusnya sesuai apa yh mai dimasukin.bikin drumnya pake aplikasi Minicraft atau apa aja boleh semacam drum virtual atau midi..bisa cari di gugel. Ya pokoknya oprek aja deh tuh aplikasi ..hhee

  8. Untuk RAM minimal berapa Gb sob?

  9. wah bermanfaat banget nih. kalo pas recordnya pake mic biasa aja ya mas? atau gimana? terus buat suara dari gitar ke kompinya pake apa mas? thx

  10. mas aku mau nax …. aku pux banyk lagu , trus aku maux rekamn drmh aja,,, laptop ada… aku kan solo… ! klw bs tolong ks kabar aku ke nomorku inii mas ucup 082 336 432 426 ……… yachhhhh ? slm knl dr avrhyyyy

  11. maaf boss ku numpang tanya ya ?berarti kita butuh sound card donk biar kita bisa masukin suara gitar ,bass + vocal ?
    makasihh ya ?

  12. Ni gan ane kasih tutorialnya kalau mau rekaman sendiri seperti penyanyi2 lain…
    kunjungi aja blog ane gan…
    http://allifkecil91.blogspot.com/2013/04/cara-membuat-demo-musikrekaman-sendiri.html

  13. mas kalau sudah record satu satu, gabungin nya gimana?,
    tolong jelasin mas lwt fb saya,
    @ Danang dirajam luka..
    terimakasih.. :D

  14. mas kan lagi merekam pake AVS audio Recorder stelah saya rekam saya dengarkan hsilnya koq lama kelamaan suaranya hilang/tenggelam…???

    solusi nya apa mas kasih tau….

  15. sukses selalu buat agan ..
    bisa di coba nih .

  16. mas untuk aplikasi multit tracknya download di mna ya??

  17. bang ucup sya puya lagu skitar 7 mw recaman v mahal gmna crax mohon bantuanya ni fb sya reannd rychel nope 082149491350

  18. bang sya punya lagu ada 7 mau recaman mahal mohon bantuanya ni fb sya rian_ardianto@yahoo.co.id hp 082149491350

  19. kalo buat in dari gitar k laptop pake jack yang kaya apa gan…???

  20. bisa ga sih ngrekam vocalnya cma pke mic yg ada di headphone? soalnya didaerah saya susah nyari mic buat pc/laptop, maklum…tinggal di pedalaman yg msih primitif. wkwkwkwk…

  21. kak aku gax bs bgt carra operasiin softwre FL studio nya,mau tanya2 langsung ama kakak minta no hpnya kak,ntr sms ke no aku ya kak 08996261180

    • Search aja digoogle tntang cara penggunaannya gan, mreka jg ngejelasinnya jelas kok plus gambar malah ada yg pk video jg..coba aja deh, blajar dikit2 ntar jg jd bukit..hhee sukses ya

  22. Mas kalo selain sound card external, apaan ya yang lebih murah buat plug in jack gitar ke komputernya??? Pengen nyari alternatifnya

  23. aplikasi itu sama aja kayak record analog gak gan?

  24. Gan.. salam kenal..
    mau nanya nih.. saya ada gitar listrik,fx boss gt8, ampli marshall dan laptop.. nah cara menghubungkan gitar ke laptop itu dari ampli ke laptop atau dari efek ke laptop?
    bingung..
    trus brarti butuh 3kabel gitar ya gan? dan jack ke laptop.. trus gmn gan.. mohon penjelasannya.. makasih..

  25. salam Kenal mas!!!
    kok saya kalo ngetag pake jack converter dia nois yahh? biar nggak nois pake apa?

  26. Bisa aja, asal rapih sesuai ketukan metronom. Pertama jgn lupa bikin Guide rythem, slanjutnya terserah n trakhir baru isi vocal.. Kan lu bisa ambil contoh lagu2nya dr tohpati, Melly G, Atau sekelas White lion dgan when the children crynya..hehe, yg penting harmoni n manis.. Good luck sob

  27. Ya tinggal Donlod aja..hhee

  28. dikomputer udah ada smua, cuma kalo mau pake ya lbh bagus

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 774 pengikut lainnya.

