Tips – CARA MEMILIH JENIS USAHA UNTUK WIRAUSAHA PEMULA

oleh Ucup budug

Membangun usaha atau bisnis yang tepat memang tidak mudah dan tidak gampang seperti yang kita bayangkan karena ada beberapa pilihan dalam memilih jenis usaha yang pas dengan kantong dan karakter Anda. Selain itu dalam memilih jenis usaha yang pas untuk wiraswasta. Dengan membangun usaha atau wiraswasta kita juga akan membantu pemerintah dalam mengurangi tingkat pengangguran karena dengan mendirikan suatu usaha kita menciptakan lapangan kerja baru bagi para pencari kerja yang semakin hari semakin banyak dan menjadi musuh sendiri di negara Indonesia.

Nah dalam menciptakan lapangan pekerjaan dengan cara berwiraswasta saya coba menuliskan langkah – langkah yang mungkin berguna bagi Anda yang ingin membangun bisnis.

Dari Hobi Menjadi Bisnis

Jika kita memiliki hobi seperti design / desain baik itu desain rumah, desain grafis atau jenis desain lainya kita bisa membuat hobi tersebut menjadi sebuah bisnis seperti contohnya membangun usaha konsultan arsitek desain rumah, web design, ahli desain grafis dan sebagainya, jika Anda menyukai atau sangat menggilai dunia internet Anda dapat membangun toko online yang berisi jual beli barang – barang yang sangat berguna bagi pembeli.

Kenali Karakter Anda

Kenali karakter dari diri Anda apakah Anda seorang yang tekun dan sabar dalam menjalin proses. Karena jika Anda tidak memiliki karakter seperti ini maka sulit sekali bagi Anda jika ingin memulai usaha atau bisnis. Di dalam berwiraswasta jika kita tidak sabar dalam menjalanin proses dalam mendirikan usaha jiwa dan mental kita akan sulit terbentuk karena di dalam proses tersebut Anda akan menemui hal – hal yang tidak enak ketimbang hal – hal yang enak. Jadi kenali karakter Anda.

Kuatkan Mental

Mental yang di butuhkan oleh seorang wiraswasta adalah mental baja, karena jika tidak mempunyai mental baja kita tidak akan bisa bertahan di dalam proses mendirikan usaha. Jika Anda belum memiliki mental tersebut sebaiknya Anda harus mulai melatih yaitu dengan cara mengikuti seminar dan workshop yang berhubungan dengan wiraswasta.

Memilih Jenis Usaha

Dari seratus jenis usaha atau bisnis yang ada sebaiknya pilihlah yang paling anda sukai karena akan terasa menyenangkan jika ditekuni sehari-hari, jika Anda sudah tidak bisa menekunin dan menikmati usaha Anda secara tidak langsung mental dan rasa memiliki usaha tersebut tidak akan tercipta.

Pasar

Pelajari pasar yang sudah Anda pilih atau targetkan karena dengan mempelajari pasar Anda akan mampu melihat, menyusun dan membuat strategi marketing dari usaha yang Anda bangun, cth konsultan arsitek jika Anda ingin membangun jasa tersebut Anda harus pintar melihat pasar apa yang akan Anda tuju apakah kaum menengah keatas, mengenah atau menengah kebawah.

Lokasi

Pilihlah lokasi atau tempat usaha yang strategis yaitu tempat usaha yang memiliki akses mudah seperti transportasi, fasilitas keamanan (untuk menjaga usaha Anda dari kemalingan atau kerampokan)

Evaluasi

Selalu melakukan evaluasi di akhir bulan atau di akhir tahun baik itu dari target dan apa yang belum di capai oleh usaha yang Anda dirikan.

Semoga berguna.

About these ads

One Comment to “Tips – CARA MEMILIH JENIS USAHA UNTUK WIRAUSAHA PEMULA”

  1. sip..i agree..

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 781 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: